Contoh Kalimat Penutup Surat - Haiii sobat SitusBahasa.info,Sekarang Blog ini agak jarang update artikel, dikarenakan urusan offline yang agak padat, jadi kami jarang untuk menambah artikel.. hasilnya ya beginilah.. agak tidak terawat..
Pada kesempatan ini, kami mencoba memberi contoh, atas beberapa pertanyaan yang dilontarkan beberapa teman teman pembaca setia situsbahasa.info..
yaitu tentang kalimat penutup surat yang baik,,

Langsung saja kita mulai..
Dalam berbagai surat dinas kita sering menjumpai kalimat penutup surat yang berbunyi sebagai berikut ini.

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih, atau
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.Kedua kalimat di atas mengandung kesalahan sebagaimana dijelaskan di bawah ini.
Kata ganti -nya pada kata perhatiannya adalah kata ganti orang ketiga tunggal, sedangkan ucapan kita sebenarnya kita tujukan pada orang kedua, maka menjadi tidak jelas siapa yang dimaksud dengan -nya pada kalimat tersebut. Seharusnya -nya itu diganti dengan kata ganti orang kedua (Anda) atau diganti dengan kata sapaan Bapak/Ibu, sehingga menjadi Atas perhatian Bapak/Ibu.
Bentuk diucapkan atau kami ucapkan merupakan bentuk kata kerja pasif sehingga menjadi tidak jelas mana subjek kalimatnya. Seharusnya kata tersebut berbentuk aktif (mengucapkan) karena jelas yang menjadi subjek adalah kami, sehingga kalimatnya berbunyi Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Nah, jika kalimatnya disusun terbalik (anak kalimat mendahului induknya) maka akan menjadi Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.
Demikian uraian Contoh Kalimat Penutup Surat ini semoga bermanfaat. berikan komentar dan pertanyaan jika perlu. terimakasih..
Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top