Eiji Yoshikawa adalah penulis asal jepang yang terkenal dengan kebiasaanya yang merevisi ulang kisah-kisah klasik jaman dahulu yang kemudian diceritakan ulang dengan gaya nya sendiri yang khas, kali ini Eiji Yoshikawa hadir dengan karya barunya novel dengan judul “Taira No Masakado”. Sebuah novel yang mengisahkan perjuangan pengembalian kehormatan keluarga dari kudeta/penghianatan walau ditempuh dengan jalan pemberontakkan dan banjir darah. Jepang Timur pada abad ke-10 geger karena kehadiran Masakado di daerah itu. Fiksi Jepang bercerita perjuangan Masakado mengembalikan warisan sang ayah sekaligus dalamnya ada kesetian, cinta Masakado yang tragis dengan Ezohagi dan atau Putri Kikyo. 

Sinopsis Taira No Masakado
Sinopsis Taira No Masakado

“Besok Tuan Muda akan pergi ke Yokoyama, kan? Kalau Anda pergi, Tuan Muda akan dibunuh di Musashino, sebelum sampai di Yokoyama. Aku tadi bersembunyi di bawah lantai dan mendengar para paman berunding secara rahasia”. Informasi itu didapat Masakado dari abdi perempuan bernama Ezohagi, gadis pujaan Masakado.

Konspirasi politik paman Masakado gagal membunuh Masakado. Bukan saja karena informasi rahasia dari Ezohagi yang bocor, tapi juga karena berkat pertolongan Tuan Kageyuki, teman dekat ayah Masakado dan mantan Menteri Sayap Kanan—ketika di perjalanan Masakado bertemu Kageyuki.

Politik Peminggiran, gagal membunuh Masakado, para paman tak kehabisan akal busuk. Beranjak dewasa tepat berusia 16 tahun Masakado diperintahkan pamannya pergi belajar ke Ibukota, Kyoto. Konon, biar Masakado pintar dengan belajar di Ibukota. Masakado tinggal bersama Tuan Fujiwara no Tadahira dan ia menjadi pelayan di Kyoto.

Tiga belas tahun tinggal di Ibukota, Masakado kembali ke Bando atas titah sang ayah untuk mengurus segala peninggalan ayahnya dulu yang dititipkan pada ketiga paman. Di Bando, Masakado menghadapi kenyataan pelik, pahit. Segala peninggalan ayahnya dikuasai dan dibagi-bagikan pada ketiga paman serta keturunannya. Hal menyedihkan Masakado, adik-adiknya dikebiri paman.

***
Baca juga : 




Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top