Soal SBMPTN / SNMPTN Bahasa Indonesia dan pembahasannya

SBMPTN merupakan gerbang besar yang harus dilalui/ditaklukkan oleh siswa jika ingin menjadi mahasiswa. Dalam hal ini menjadi mahasiswa di PTN. SBMPTN bisa menjadi momok yang menakutkan bagi siswa yang ingin masuk PTN, tetapi dia tidak memiliki kesiapan. Tidak sedikit siswa yang dalam tes harian di sekolah cukup pandai, tetapi gagal ketika mengikuti SBMPTN.

Kegagalan tersebut lebih banyak terjadi karena kurang pahamnya siswa terhadap SBMPTN itu sendiri. Untuk lolos SBMPTN tentu perlu strategi matang, yang di antaranya pemahaman tentang PTN dan jurusan yang dituju (daya tampung dan peminat yang dinyatakan dalam passing grade jurusan), strategi memilih jurusan yang diinginkan, dan mengukur kemampuan diri terhadap soal-soal SBMPTN (pelatihan soal).

Soal SBMPTN sendiri merupakan perpaduan soal dari beberapa disiplin ilmu yang salah satunya adalah bahasa Indonesia.  Berikut contoh soal SBMPTN yang bisa kita jadikan pelatihan sebelum bertempur menghadapi tes SBMPTN.


1. Bacalah teks berikut!
Berita yang dilansir Antara bulan lalu dengan tajuk “Bahasa Indonesia Berpeluang Jadi Bahasa Kedua ASEAN”, memberikan satu harapan besar bagi Indonesia untuk berbicara di kancah Internasional. Sekarang ada kesadaran di kalangan warga Philipina teristimewa di kawasan selatan Negara ini–bahwa mereka perlu belajar bahasa Indonesia karena bahasa itu dapat dimengerti di empat negara anggota ASEAN lainnya: Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand (Selatan). Selain keempat Negara ASEAN itu, sebagian warga suku Champ di Kamboja, Laos, dan Vietnam mengerti bahasa Melayu yang menjadi induk bahasa Indonesia.
Manakah kalimat yang tepat untuk menutup paragraf di atas?
(A) Untuk itu, kita perlu menggalakkan penyebaran kamus bahasa Indonesia agar memudahkan orang asing.
(B) Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa yang diidamkan di kawasan ASEAN.
(C) Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
(D) Untuk itu, perlu diupayakan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa utama ASEAN.
(E) Sehubungan dengan hal itu, menjunjung tinggi bahasa Indonesia menjadi kewajiban seluruh bangsa Indonesia.

2. Seseorang akan mengembangkan karangan yang bertema upaya meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi remaja dengan kerangka berikut :
(1) Saran bagi remaja berwirausaha
(2) Pentingnya meningkatkan kemampuan berwirausaha
(3) Langkah meningkatkan kemampuan berwirausaha
(4) Komponen yang mendukung kemampuan berwirausaha
(5) Ketidakmampuan remaja berwirausaha
Urutan kerangka yang paling tepat untuk tema karangan di atas adalah ...
(A) 5,1,2,4,3
(B) 2,4,5,1,3
(C) 2,3,4,5,1
(D) 4,5,2,1,3
(E) 5,2,4,3,1

3. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Obat telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan darikehidupan manusia masa kini. Bahkan, karena begitu akrabnya, orang justru semakin tergantung pada obat, semakin biasa menggunakan obat. Penggunaan obat-obatan kini justru terlihat sebagai gaya hidup modern. Mereka perlu tampil seksi, bukan sehat, perlu obat kuat, bukan hidup harmonis, dan lain-lain. Dan faktanya zat-zat yang terkandung dalam obat dan efeknya bagi tubuh kita sering tidak kita perhatikan karena menganggap obat itu menyembuhkan tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya terkandung dalam obat tersebut. Dalam pemilihan obat, harus diperhatikan adanya kandungan bahan-bahan kimia yang justru menimbulkan dampak buruk terhadap tubuh kita.
Teks 2
Pada umumnya, orang memandang obat sebagai sesuatu yang ajaib dapat menyembuhkan segala penyakit dengan cepat tanpa efek samping. Semua obat adalah racun, kecuali diminum sesuai dengan dosis yang diizinkan. Hal itu menyadarkan kita bahwa dengan mengkonsumsi obat, kita harus memperhatikan dosis yang tepat untuk kesembuhan yang diharapkan. Masyarakat menaruh harapan besar akan obat, namun hal tersebut tidak sebanding dengan pengetahuan masyarakat akan obat. Informasi tentang pentingnya obat, penggunaan, dan bahayanya yang sangat penting bagi masyarakat.

Kedua teks di atas menjelaskan tentang …
(A) Kebutuhan manusia akan obat.
(B) Cara konsumsi obat.
(C) Anggapan masyarakat akan obat.
(D) Pengetahuan masyarakat akan obat.
(E) Harapan manusia akan obat.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 sampai dengan 6!
Sampai saat ini narkoba masih mengancam masyarakat Indonesia meski Indonesia telah berkomitmen untuk bebas dari narkoba dan HIV AIDS pada tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna narkoba yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 1970 diperkirakan hanya 130.000 orang yang menggunakan narkoba dan pada tahun 2009 terdeteksi 2% penduduk Indonesia pernah bersentuhan dengan narkoba atau meningkat 0,5% dibandingkan tahun sebelumnya.
Hal tersebut sangat mengkhawatirkan semua pihak, khususnya Badan Narkotika Nasional. Dari 2% penduduk yang pernah bersentuhan narkoba tersebut, 60% berusia produktif dan 40% pelajar. Awalnya, pengguna narkoba adalah orang dewasa, berusia sekitar 25 tahun dan dari kalangan ekonomi kelas menengah ke atas. Dalam perkembangannya, pengguna narkoba sudah merambah para remaja dan masyarakat kelas menengah ke bawah. Bahkan, gelandangan pun ada yang kecanduan narkoba. Keadaan tersebut sungguh sangat ironis. Kondisi pengguna narkoba di Indonesia pada tahun 2005--2007 dipaparkan sebagai berikut.
Tabel Pengguna Narkoba di Indonesia Tahun
2005—2007
Usia
2005
2006
2007
<16
127
175
180
16-19
1.668
2.447
2.617
20-24
5.503
8.383
8.275
25-29
6.442
8.105
9.278
>29
9.040
12.525
15.889

4. Pernyataan manakah yang paling tidak sesuai dengan isi tabel di atas?
(A) Semakin rendah kelompok usia sesorang, semakinn kecil juga tingkat penggunaan narkoba.
(B) Pengguna narkoba pada usia 25-29 selalu lebih banyak daripada kelompok-kelompok usia lain yang berusia <24.
(C) Dari tahun ke tahun jumlah pengguna narkoba setiap kelompok usia terus meningkat.
(D) Semakin tinggi kelompok usia sesorang semakin besar tingkat penggunaan narkobanya.
(E) Kalompok usia selalu menentukan jumlah atau banyaknya pengguna narkoba.

5. Kata tersebut pada kalimat ke-4 di atas merujuk pada …
(A) Narkoba masih mengancam
(B) Jumlah pengguna narkoba
(C) Peningkatan penggunaan narkoba
(D) Komitmen Indonesia
(E) Persentase pengguna narkoba

6. Paragraf manakah yang paling tepat melengkapi teks di atas ?
(A) Tabel tersebut menunjukkan bahwa pengguna narkoba semakin meningkat. Untuk mengatasinya diperlukan upaya sinergis dari semua pihak, khususnya Badan Narkotika Nasional dengan masyarakat. Tanpa sinergi tersebut tidak mungkin bahaya narkoba dapat diatasi.
(B) Kondisi di atas menunjukkan bahwa pengguna narkoba selalu meningkat. Pengguna narkoba sudah merambah pada remaja berusia muda. Pengguna narkoba juga merambah pada masyarakat dari kalangan ekonomi kelas menengah ke bawah.
(C) Meskipun narkoba membahayakan, para penguna pada umunya tidak menyadarinya. Upaya menyadarkan pengguna narkoba harus dimulai dari pihak yang paling dekat dengan pengguna. Kalau tidak, mustahil upaya tesebut dapat berhasil.
(D) Dari tabel terebut tampak bahwa jumlah pengguna narkoba selalu meningkat. Pada tahun 1970 diperkirakan hanya 130.000 orang yang menggunakan narkoba, tetapi pada tahun 2009 terdeteksi 2% penduduk pernah bersentuhan narkoba.
(E) Dari tabel tersebut tampak bahwa jumlah pengguna narkoba mulai bervariasi. Mulai dari remaja sampai orang tua banyak yang menjadi pengguna narkoba. Masyarakat kelas menengah ke bawah dan gelandangan pun ada yang kecanduan narkoba

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 7 sampai dengan 11!
(   (1) Indonesia kembali mengirimkan para siswa SMA ke Olimpiade sains internasional tahun 2011 untuk bidang fisika, matematika, biologi, kimia dan informatika ke sejumlah negara penyelenggara. (2) ketika mengirim tim-tim tersebut, Fasli Jalal menyampaikan bahwa para peserta Olimpiade diseleksi dengan ketat mulai dari sekolah masing-masing sampai ke tingkat regional. (3) Jadi, mereka yang terpilih benar-benar memiliki kemampuan yang dapat diandalkan dan berpeluang untuk meraih medali. (4) cakupan asal daerah peserta semakin merata, mulai dari kawasan barat sampai timur nusantara, yang menunjukkan semakin meratanya prestasi peserta didik di Indonesia. (5) “Indonesia tidak henti-hentinya menunjukkan kebolehan siswa di berbagai forum terhormat:, katanya. (6) Pada bidang fisika Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) akan berlaga di olimpiade fisika internasional atau International Physics Olympaid (IPHO) ke-42 di Bangkok. (7) Pada bidang matematika Indonesia mengirimkan enam siswa ke International Mathematical Olympaid (IMO) ke-52 yang diselenggarakan di Amsterdam. (8) Tim-tim ini ditargetkan meraih 2 medali perak dan 4 medali perunggu, sedangkan tim IMO Indonesia berada di ranking ke-30 dari 96 negara dan berhasil menyabet 1 medali perak, 4 medali perunggu, dan 1 honorable mention. (9) pada bidang Biologi, tim akan berlaga di arena kompetisi International Biology Olympaid (IBO) ke-22 di Taipei, Taiwan. (10) Indonesia kini mengirimkan 4 siswa yang ditargetkan meraih medali, dan pada ajang tahun lalu, tim IBO meraih 2 medali emas dan 2 perunggu. (11) Pada bidang Informatika Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) akan berkompetisi di International Olympaid in Informatics (IOI) ke-23 di Pattaya.(12) Pada penyelenggaraan IOI ke-22 di Kanada, TOKI meraih 2 medali perak dan 1 medali perunggu. (13) Kini, TOKI mengirimkan empat siswa dengan harapan kembali dapat memenangkan medali. (14) Seluruh bangsa Indonesia turut serta mendoakan agar para siswa yang pahlawan itu berhasil berkompetisi di ajang internasional. (15) Keberhasilan itu kian mendongkrak harga diri bangsa yang ternyata tidak kalah berprestasi dari bangsa-bangsa lain di dunia.


7. Penulis teks di atas berpihak kepada...
(A) Para siswa SMA
(B) Pemerintah Indonesia
(C) Bangsa Indonesia
(D) Tim Olimpiade Sains Indonesia
(E) Penyelenggara Olimpiade Sains

8. Kesalahan penggunaan ejaan ditemukan pada kalimat ...
(A) 6 dan 9
(B) 5 dan 10
(C) 4 dan 11
(D) 3 dan 12
(E) 2 dan 15

9. Kalimat yang tidak efektif ditemukan pada...
(A) 2 dan 6
(B) 3 dan 7
(C) 5 dan 9
(D) 8 dan 14
(E) 10 dan 15

10. Rangkuman manakah yang paling tepat untuk teks di atas ?
(A) Tim Olimpiade Sains Indonesia yang meliputi empat bidang akan kembali mengikuti olimpiade dengan mengirimkan siswa-siswa SMA ke berbagai negara di dunia.
(B) Tim Olimpiade Sains Indonesia akan mengirimkan para siswa SMA mengikuti olipiade dalam empat bidang ke berbagai negara dengan harapan dapat memenangkan medali.
(C) Ada emapat bidang dalam Tim Olimpiade sains Indonesia yang akan dikirimkan ke berbagai negara untuk mengikuti olimpade yaitu mencakup fisika, matematika, biologi, dan komputer.
(D) Tim Olimpiade Sains Indoensia yang dikirim ke berbagai negara untuk mengikuti olimpiade empat bidang adalah mencakup bidang fisika, mematika, bioligi, dan komputer.
(E) Pengiriman Tim Olimpiade Sains Indonesia ke berbagai negara untuk mengikuti olimpiade diharapkan mempu memenangkan banyak medali agar dapat mendongkrak harga diri bangsa.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 12 sampai dengan nomor 30!
Tidak diragukan lagi bahwa yang merupakan sumber pencemaran sungai adalah segala kegiatan hidup manusia yang berkaitan erat dengan proses produksi dan reproduksi. Peningkatan jumlah penduduk serta turunnya standar hidup merupakan parameter yang juga ikut menentukan laju pencemaran sungai. Jika diperhatikan, sungai -sungai yang mengalir di berbagai tempat, kendati kondisinya sangat menjijikkan, sering dipakai untuk mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, bahkan menggosok gigi. Sementara itu, sungai tersebut secara terus-menerus dijejali dengan timbunan sampah, air limbah, dan tinja penduduk. Makin hilir, warna sungai makin hitam dan pekat.
Apabila sungai tercemar, hal itu akan memberikan keleluasaan bagi bibit penyakit untuk berkembang biak. Akhirnya, kesehatan masyarakat akan terganggu. Gangguan kesehatan yang banyak muncul tipus, dan maag.
Untuk menghindari penumpukan sampah yang sulit melapuk, perlu dibuat tempat penimbunan khusus di luar kota. Hal yang baik adalah apabila sampah rumah tangga sejak dari rumah sudah dilakukan pemisahan antara sampah yang mudah lapuk dan sulit lapuk. Sudah waktunya,sampah tidk dibuang ke sungai. Selain itu, pembuatan sepetic tank di rumah-rumah akan sangat membantu menanggulangi pencemaran sungai. Khusus air buangan industri, seharusnya sebelum dibuang ke sungai terlebih dahulu diolah melalui instalasi penjernihan. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah adanya zat-zat yang bersifat racun.
Usaha pencegahan harus ditunjang oleh adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian sungai. Kesadaran masyarakat modal dasar yang positif bagi peningkatan perilaku yangg baik dalam memperlakukan sungai. Sungai yang lestari mencermikan keserasian lingkungan hidup manusia. Dampaknya adalah ekologi lingkungan aka menjadi lebih baik, air bersih tetap tesedia, dan kesehtran masyarakat tetp terjaga.

11. Kelemahan paragraf ke-3 di atas adalah ...
(A) Gagasan utamanya terletak di tengah
(B) Tidak ada kalimat utamanya
(C) Terdapat kalimat sumbang ditengah
(D) Istilah asing tidak dijelaskan artinya
(E) Gagasan utamanya lebih dari satu.

12. Apakah gagasan utama paragraf ke-4 di atas?
(A) Kesadaran masyarakat untuk mencegah pencemaran sungai akan membantu kelestarian sungai.
(B) Kesadaran menjadi modal dasar bagi peningkatan perilaku yang baik dalam memperlakukan sungai.
(C) Perilaku tidak membuang sampah dan tidak membangun rumah di bantaran sungai membantu kelestarian sungai.
(D) Kesadaran menciptakan sungai yang lestari mencerminkan keserasian lingkungan hidup manusia.
(E) Dampak kelestarian sungai adalah air bersih tetap tersedia dan kesehatan masyarakat tetap terjaga.

13. Manakah simpulan yang paling tepat untuk teks di atas?
(A) Sumber pencemaran sungai adalah segala kegiatan hidup manusia yang berkaitan erat dengan proses produksi dan reproduksi.
(B) Sumber pencemaran sungai berkaitan erat dengan kegiatan manusia, peningkatan jumlah penduduk, serta turunnya standar hidup.
(C) Peningkatan jumlah penduduk dan turunnya standar hidup merupakan parameter yang menentukan pencemaran sungai.
(D) Kepadatan penduduk dengan standar hidup yang memperihatinkan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan sungai.
(E) Perilaku hidup tidak sehat masyarakat dipengaruhi oleh kebiasaan negatif mereka dalam memanfaatkan air sungai.

14. Kalimat yang baku adalah ….
(A) Pemeriksaan terhadap barang bukti membuktikan bahwa tersangka bersalah
(B) Seminar itu membicarakan tentang upaya penanganan terhadap bencana alam gempa bumi.
(C) Pihak sekolah menjelaskan kepada orang tua siswa mengenai peraturan sekolah.
(D) Para siswa mendengarkan tentang, penjelasan bahaya narkoba.
(E) Perusahaan itu telah memberikan kepada beberapa orang karyawan penghargaan.

15. Untuk mendongkrak jumlah penonton, Barcelona menurunkan harga tiket beberapa laga, terutama di Piala Raja.
Inti kalimat tersebut adalah ….
(A) Cara Barcelona mendongkrak jumlah penoonton
(B) Barcelona menurunkan harga tiket beberapa laga
(C) Barcelona menurunkan harga tiket di Piala Raja
(D) Barcelona mendongkrak jumlah penonton
(E) Tujuan Barcelona menurunkan harga tiket


16. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ….
(A) Akibat proyek itu, ruas Jalan Raya Bogor tersebut hanya bisa dilalui satu jalur. Sehingga menimbulkan kemacetan.
(B) Karena tidak membawa ban serep, akhirnya, tronton dengan nomor polisi B 9765 P itu sulit untuk dievakuasi.
(C) Saat ini, petugas hanya bisa menunggu mobil perusahaan yang mengoprasikan tronton itu dari bandung yang akan membawa ban serep.
(D) Tahun lalu Thailand mengkspor sekitar U$$ 40 miliar untuk komponen elektronik dan komputer
(E) Selain itu penutup bandara tersebut juga diperkirakan akan berbahaya bagi mereka yang membutuhkan perawatan medis.

17. Penulisan gabungan kata di bawah ini benar semuanya….
(A) Tanggung jawab, kerjasama, tandatangan, terima kasih
(B) Semi permanen , mancanegara, pasca-sarjana, saptakrida
(C) Acap kali, adakalnya, barang kali, bagaimana
(D) Mata ajar, mejatulis, orang tua, simpang empat
(E) Kacamata, dukacita, saputangan, halalbihalal


18. Penulisan yang sesuai dengan EYD adalah ….
(A) Rp 1.000.000
(B) Rp1.000.000,-
(C) Rp 1.000.000,-
(D) Rp 1.000.000,00
(E) Rp1.000.000,00

19. Sesuai dengan kesepakatan, pupuk kaltim akan kembali menyuplai gas pada Mei 2009.
Inti kalimat tersebut adalah ….
(A) Kesepakatan Pupuk Kaltim
(B) Pupuk Kaltim menyuplai gas
(C) Suplai gas dilakukan oleh Pupuk Kaltim
(D) Kesepakatan Pupuk Kaltim untuk menyuplai gas pada Mei 2009
(E) Suplai gas Pupuk Kaltim akan dilakukan pada Mei 2009

20. ....... penerapan kebijakan itu rnenyebabkan munculnya rasa tidak puas….... para pendu-kung setia bupati itu. Kata-kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah....
(A) ketidak-konsistenan; di antara
(B) ketidak konsistenan; di antara
(C) ketidakkonsistenan; diantara
(D) ketidakkonsistenan; di antara
(E) ketidak-konsistenan; diantara





Jawaban
1.       D
2.       E
3.       D
4.       B
5.       C
6.       A
7.       D
8.       B
9.       D
10.   E
11.   B
12.   A
13.   B
14.   A
15.   B
16.   A
17.   E
18.   E
19.   B
20.   D

8.       Kalimat yang ejaanya bermasalah terdapat pada kalimat 1,2,5,6,10


Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top