Resensi merupakan salah satu karya tulis yang berisi ulasan atau penilaian terhadap sebuah karya. Dalam resensi diulas berbagai hal tentang karya yang diresensi. Dalam pengulasannya, resensi akan menilai keunggulan/ kelebihan dan kelemahan dari karya.

Karya –karya yang dapat diresensi sebenarnya ada banyak. Namun, kita dapat menggolongkan resensi terhadap tiga karya, yaitu
1   1. Buku
Buku di sini bisa meliputi buku fiksi maupun buku nonfiksi.
2   2. Pementasan
Resensi terhadap pementasan dapat diberikan terhadap pementasan drama, pementasan tari, dan film.
3   3. Pameran
Pameran yang dapat diresensi misalnya pameran lukisan dan pameran patung.

Secara umum, baik resensi buku, resensi pementasan, maupun resensi pameran sama. Ketiganya akan membahas hasil karya tersebut, menguraikannya, kemudian menilai baik buruk hasil karya tersebut.

Resensi yang paling banyak kita temui adalah resensi buku. Hal tersebut karena memang resensi buku lebih bersifat umum bagi masyarakat karena memang setiap orang tidak lepas dari buku.

Penulisan resensi sendiri sesungguhnya memiliki beberapa tujuan. Tujuan tersebut kebanyakan ditujukan kepada para pembaca resensi agar mereka mengetahui keberadaan sebuah karya dengan memberikan informasi secara lengkap dari berbagai sisi dari karya yang diresensi. Berikut beberapa tujuan penulisan resensi
1  a. Memberikan informasi yang lengkap (komprehensif) tentang sebuah karya kepada masyarakat
2   b. Memberikan pertimbangan bagi masyarakat yang ingin memilih/ membeli buku
3   c.  Memberikan informasi tentang buku yang baru terbit kepada masyarakat
   d. Sebagai media promosi buku yang baru terbit (terkadang resensi bisa merupakan pesanan dari penerbit untuk memopulerkan/ memperkenalkan buku baru)
Dalam menulis resensi sesungguhnya kita tidak terikat pada satu format khusus seperti pada menulis karya ilmiah. Kita lebih bebas dalam menyusun teks resensi. Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam menulis resensi buku adalah muatan/ kandungan yang perlu termuat dalam resensi buku.

Hal-hal yang perlu termuat dalam resensi buku antara lain.

1. Judul Resensi
Setiap tulisan pasti membutuhkan judul karena judul merupakan nama dari sebuah tulisan. Membuat judul hendaknya disesuaikan dengan isi resensi.

2. Identitas Buku
Identitas buku merupakan semua hal yang menjadi ciri dari buku yang diresensi. Identitas meliputi
a.     Judul buku
b.     Pengarang/ penulis
c.      Penerbit
d.     Tahun terbit
e.     Tebal buku
f.       Ukuran buku
g.     Harga, dll

33.  Kepengarangan
Pada bagian kepengarangan ditulis segala hal yang berkaitan dengan pengarang yang berkaitan dengan dunia tulis menulis, karakteristik penulis dalam menulis, dan karya-karya penulis tersebut. Bagian ini juga bisa ditambah dengan perbandingan buku yang diresensi denga  buku lain yang sejenis.

44. Uraian Isi Buku/ Sinopsis
Bagian ini berisi pokok-pokok isi buku yang diresensi / sinopsis/ ringkasan isi buku.

55. Kebahasaan
Bagian ini membahas gaya bahasa yang digunakan penulis dalam menyusun buku. Pada bagian ini kita bisa menilai bahasa yang digunakan penulis, seperti kemenarikan bahasa, mudah atau tidaknya bahasa untuk dipahami, penggunaan kata/ istilah yang dipakai dalam buku, dsb.

66. Kelebihan dan Kelemahan Buku
Bagian ini merupakan bagian penilaian terhadap buku, baik dan buruknya buku dibahas dalam bagian ini. Penilaian terhadap kelebihan dan kelemahan buku dapat dilihat dari dua hal, yaitu
a.     Isi buku
Penilaian terhadap isi buku didasarkan pada hal-hal yang berkaitan dengan isi atau kandungan buku, seperti tema buku, kejelasan alur, mudah-tidaknya isi buku dipahami, kebermanfaatan buku, tokoh-tokoh dalam cerita, penting tidaknya isi buku tersebut, dll.
b.     Kondisi fisik buku
Selain isi buku, penilaian kelebihan dan kekurangan buku bisa juga didasarkan pada fisik buku. Penilaian terhadap fisik buku misalnya kita lihat dari cetakan buku, kejelasan tulisan, ukuran huruf, kertas yang digunakan, dll.

 7. Kesimpulan
Seperti kesimpulan-kesimpulan dalam karya lain, bagian kesimpulan berisi simpulan atas penilaian buku secara keseluruhan. Pada bagian kesimpulan juga ditulis saran kepada pembaca tentang siapa orang yang tepat membaca buku yang diresensi.


saefu zaman

Menulis Resensi


Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top