Kurkulum 2013 baru saja digulirkan pemerintah. Pro dan kontra tentu saja masih sering kita dengar di sekitar kita. Terlepas dari berbagai tanggapan masyarakat maupun pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan di Indonesia, tentu saja mau tidak mau kita tetap harus menjalankan kurikulum ini.

Sebuah kurikulum baru “pasti” ada sisi yang menjadi kelebihan dari kurikulum sebelumnya karena tentu penyusunan kurikulum ini tidak “asal-asalan”. Pasti penyusunan kurikulum ini telah melalui berbagai kajian dan penelitian terhadap aplikasi kurikulum sebelumnya pada siswa. Oleh karena itu, akan lebih bijak jika kita, entah yang bergelut dalam dunia pendidikan entah yang tidak bergelut di dalamnya, mengetahui dan memahami konten/ isi kurikulum 2013 ini. Bukan tanpa manfaat kita mengetahui dan memahami isi kurikulum 2013 ini karena kita semua pasti akan terlibat dalam dunia pendidikan, entah secara aktif entah pasif.

Salah satu cara paling cepat untuk memahami isi sebuah kurikulum yaitu dengan melihat bagaimana bentuk penilaian yang diterapkan dalam kurikulum tersebut. Hal tersebut karena dalam penilaian akan kita ketahui ke mana arah pendidikan itu. Apakah diarahkan pada teori-teori saja atau siswa diperkenalkan pada praktik nyata, apakah siswa hanya dituntut untuk mengembangkan intelegensi, karakter, sifat, sikap, dan lainnya atau tidak, apakah siswa hanya dituntut dengan nilai baik atau harus dilengkapi dengan proses belajar dan menemukan yang benar.
Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini berkas pedoman penilaian/ evaluasi yang diterapkan dalam kurikulum 2013.


Selamat menikmati dan mengkritisi kurikulum 2013, Bapak, Ibu, Saudara.
Terima kasih.

Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top